alat kesehatan untuk bayi prematur
Kesehatan

Macam Alat Medis Yang Dibutuhkan Untuk Perawatan Bayi Prematur

Tidak semua bayi prematur mengalami hal yang sama satu dan yang lainnya. Banyak juga bayi prematur yang tidak mengalami gangguan kesehatan seperti yang dialami oleh bayi – bayi lainnya. Di sisi lain, bayi yang terlahir permatur sebaiknya dirawat secara intensive diatas tanggung jawab dokter. Terlebih lagi apabila terdapat gangguan kesehatna yang cukup serius padanya.

 

Di rumah sakit atau klinik, bayi – bayi prematur dilakukan perawatan dengan intensive menggunakan beberapa macam peralatan medis. Berikut ini ada beberapa macam alat – alat medis yang berfungsi untuk perawatan bayi prematur.

1. Inkubator Bayi

Kebanyakan orang mengetahui alat ini, inkubator bayi memiliki fungsi sama dengan inkubator pada kebanyakan. Inkubator berasal dari kata inkubasi, begitu juga dengan alat inkubator bayi yang ada di rumah sakit. Alat ini berfungsi untuk merawat bayi prematur ketika belum cukup umur bulannya untuk lahir. Oleh sebab itu inkubator bayi sangat penting untuk bayi prematur.

Untuk rumah sakit atau instansi sejenisnya yang membutuhkan alat inkubator bayi, sekarang sudah banyak tempat jual inkubator bayi berkualitas dengan pilihan model dan tipe yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

2. Lampu Fototerapi

Pernahkah anda mendengar istilah bayi kuning ? Bayi kuning adalah gangguan kesehatan yang umum dialami oleh bayi yang baru lahir karena kelebihan kadar bilirubin. Pada bayi prematur kondisi ini sering dialami. Lampu Fototerapi ini berfungsi untuk memecah bilirubin yang tinggi di dalam darah sehingga penyakit bayi kuning ini dapat diatasi.

3. Infant Warmer

Infant Warmer merupakan alat yang digunakan untuk menghangatkan bayi. Tidak semua bayi membutuhkan terapi dengan alat ini, hanya beberapa bayi yang mengalami gangguan tertentu seperti hipotermia atau kondisi dimana suhu tubuh bayi belum mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan.

4. Alat Bantu Pernafasan

Keluhan yang juga sering dialami oleh bayi prematur yaitu gangguan pernapasan. Oleh karena itu dibutuhkan alat bantu pernapasan. Ada banyak macam alat bantu pernapasan yang dapat digunakan untuk penanganan bayi prematur seperti buble CPAP, Neopuf, Oksigen, Nebulizer dan lain sebagainya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *