biografi tokoh pendidkan
Pendidikan

Biografi Tokoh Pendidikan Maria Montessori

Maria Montessori yang lahir di kota Chiaravalle di negara Italia pada tanggal 31 maret tahun 1870 , wafat pada tahun 1952 di kota Noordwijk di negara Belanda pada usia yang menginjak 82 Tahun.

Maria Montessori merupakan Pendidik, Dokter dan Ilmuwan yang berkebangsaan Italia. Maria mengembangkan sebuah metode pendidikan untuk anak-anak dengan memberi kebebasan bagi mereka untuk melakukan sebuah kegiatan dan mengatur acara harian.

 

Pendidikan Dasar

Keluarga Montessori pindah ke Florensia pada tahun 1873 kemudian pindah ke kota Roma pada tahun 1875 dikarenakan tuntutan pekerjaan ayahnya. Montessori mengenyam pendidikan dasar di sebuah sekolah dasar umum pada usia yang masih 6 tahun pada tahun 1876.

biografi tokoh pendidkan

Pada catatan sekolah dasarnya tidak terlalu menarik, meskipun Montessori memperoleh sertifikat penghargaan atas perilaku baik saat duduk di kelas 1 dan atas nama Lavori Donneschi atau karya perempuan pada saat duduk di kelas2.

 

Sekolah Menengah

Pada tahun 1883 sampai 1884 saat Montessori berusia 13 tahun, Montessori melanjutkan pendidikan ke sekolah menengah teknik Regia Scuola Tecnica Michelangelo Buonarroti, tempat Montessori mempelajari Bahasa Itali, Aljabar dan geografi.

Montessori lulus pada tahun 1886 dengan nilai dan hasil ujian yang bagus. Pada tahun yang sama saat berusia 16 tahun, Montessori melanjutkan pendidikan ke institut teknik di Regio Istituto Tecnico Leonardo Da Vinci yang mempelajari tentang bahasa italia.

Awalnya Montessori berniat melanjutkan pendidikan teknik setelah lulus dengan mempunyai cita-cita yang tidak lazim bagi kaum wanita saat itu di negara Italia. Tapi, Saat ia lulus pada tahun 1890 yang usianya sudah menginjak 20 tahun, dengan prestasi dalam bidang matematika dan fisika.

 

Karier Montessori

Sebagai Doctor, Montessori berkonsentrasi dengan masalah keadaan terhadap anak-anak dengan mental yang terblakang di panti asuhan. Kebanyakan anak-anak tersebut yang mentalnya terganggu karena kesalahan terhadap orang dewasa.

Pada tahun 1990 Montessori mendirikan sekolah khusus bagi anak-anak yang berkebutuhan khusus di kota Roma. Montessori menggunakan caranya sendiri dan berhasil mendidik anak-anak tersebut dengan hasil yang memuaskan dan menjadikan anak-anak pada umumnya.

Hingga menjelang di akhir hidupnya, Maria Montessori terus memberikan ilmu kuliah tentang metodenya dan membuka sekolah Montessori di seluruh dunia, Salah satunya termasuk sekolah Pulo harapan yang ada di daerah Tanjung Priok.

Beberapa karyanya juga saya masukkan ke dalam artikel biografi tokoh ini.

Karya-Karya Maria Montessori

  • Metode II Della Pedagogia Scientifica (1990)
  • Antropologia Pedagogica (1910)
  • Montessori Own Handbooks. (1914)
  • L’autoeducazione Nelle Scuole Elementari (1916)
  • The Child In The Chruch (1929)
  • Segreto Dell’infanzia II (1938)
  • Formazione Del”Uomo (1949)
  • The Absorbent Mind (dalam bahasa Italia La Mente Del Bambino 1952)
  • L’Educazione e Pace (1972)
  • De l’Enfant A l’Adolescent (1948)

 

Universitas Roma Jurusan Kedokteran

Montessori terus maju dengan niatnya untuk studi jurusan kedokteran. Montessori mengajukan permohonan kepada dosen nya yang bernama GUido Baccelli, profesor kedokteran klinis di Universitas kota Roma, Tetapi sangat tidak didukung oleh pemerintah.

Meskipun demikin pada tahun 1890, Montessori mendaftar di Universitas Roma dalam Diploma jurusan ilmu alam, Montessori berhasil lulus dalam ujian zoologi , fisika dan Botani, Sehingga Ia memperoleh sertifikat diploma pada tahun 1892.

Dengan sertifikat tersebut yang ditambah dengan bahasa Latin dan Italia , Montessori memenuhi kualifikasi untuk masuk ke program kedokteran di Universitas pada tahun 1893, karena Montessori seorang perempuan, Ia dilecehkan oleh beberapa teman kuliah dan profesornya.

Dalam masa dua tahun terakhir pada kuliahnya, Montessori mempelajari ilmu Psikiatri dan Pediatri, serta bekerja di kamar konsultasi pediatri dan layanan unit gawat darurat (UGD), yang menjadikan Montessori ahli dalam pengobatan pediatri.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *