Home

Ide Interior Rumah yang Unik

Ide Interior Rumah yang Unik

Eklektik! K ata ini semakin populer menjadi pembahasan dalam lingkup interior. K onsep penataan gaya eklektik merupakan terapan aplikasi beberapa aliran gaya dalam suatu tatanan interior. Sebuah konsep yang tidak memiliki aturan baku. Satu- satunya aturan yang membakukan konsep ini adalah insting kuat dalam “ c ita rasa” penatanya. D unia yang semakin tanpa batas dan meleburnya berbagai budaya memfav oritkan konsep ini untuk diterapkan. Tak hanya untuk rumah tinggal, saat ini beberapa hotel sudah menerapkan konsep eklektik untuk gaya interior yang energik dan f unk y. Bahkan beberapa tahun belakangan sudah bermunc ulan toko- toko furnitur berikut pernik interior yang memiliki aliran kental eklektik dalam produkproduknya.

ASAL USUL

Kata eklektik berasal dari bahasa Yunani eklektik os, yang berarti memilih yang terbaik. Asal katanya adalah ek lek tos yang artinya memilih. D alam Thesaurus Bahasa I ndonesia diartikan sebagai pilih- pilih atau selektif. K ata ini lebih dulu dikenal di kalangan flsuf, baru kemudian mulai diterapkan dalam gaya arsitektur, hingga merambah ke ranah arsitektur interior. Gaya eklektik ini munc ul pada aw alnya karena keingingan memperkaya satu aliran tertentu. D imulai di kaw asan E ropa hingga penjelajahan budaya dan penerapkan arsitektur E ropa di setiap jajahannya Bahkan budaya C ina sudah lebih dahulu memberikan kontribusi pada perkembangan dekorasi E ropa dengan gaya chinoiserie ( terapan furnitur maupun kain) . Berkembang kemudian penggabungan dengan budaya lokal. Hal tersebut memperkaya langgam akar budaya E ropa karena berbeda- beda di masing- masing benua. D i Asia dengan ragam gaya I ndonesia berupa etnik yang beraneka ragam. Berbeda lagi dengan di V ietnam, F ilipina, dan Singapura. Begitu juga di Amerika masih jelas perbedaan antara Amerika U tara– Tengah– Selatan, masing- masing memberikan kontribusi pada “ warna” gaya Eropa awal.

MENJADI SOLUSI BERAGAM KONDISI

Masa kini, gaya eklektik dipakai menjadi solusi tepat agar tidak terpaku pada satu gaya tertentu. H asilnya, tidak monoton dalam gaya dan terutama menjadi jalan keluar bagi perpaduan gaya dari pasangan yang tinggal di baw ah satu atap. E lemen- elemen kontemporer pun makin berkembang. Budaya I ndonesia yang begitu beragam telah banyak dikembangkan oleh desainer lokal maupun manc anegara yang memberikan sentuhan modernitas dalam gaya etnik yang ada. Sehingga pilihan semakin luas dengan berjuta alternatif. G aya klasik dan etnik pun sekarang menjadi kontemporer dengan tetap menerapkan gaya klasik atau gaya tradisional, namun dibungkus dengan sentuhan modern. M isalnya, sofa- sofa model klasik, sekarang bisa kita temui terbalut dengan kain suede polos berw arna super c erah atau dengan pola geometris modern. Bahkan bisa kita temui pula arm chair klasik dibalut dengan kain tenun ikat atau jenis kain tradisional. E klektik juga menjadi alternatif untuk penerapan gaya interior yang berbeda dalam satu bangunan yang sudah jadi. Artinya seseorang bisa saja menerapkan interior klasik dalam satu bangunan modern atau sebaliknya, atau memadukannya dengan gaya yang lain.

MENGENALI EKLEKTIK

Secara visual eklektik dapat dikenali melalui bentuk dan ornamen yang ada dalam satu ruang. Apabila dalam ruang tersebut sudah ditemui lebih dari 2 aliran gaya maka bisa dikategorikan dalam eklektik. Satu lagi penanda gaya eklektik adalah apabila ditemui elemen interior yang bergaya abstrak etnik/ futuristik atau sedikit eksentrik bahkan f unk y ( baik sec ara bentuk atau w arna).

UNTUK SI DINAMIS DAN MUDAH BOSAN

Perpaduan gaya tentunya memperkaya satu dengan lainnya. Sehingga kesan dari gaya eklektik lebih dinamis, kembali pada selera masing- masing. Butuh jiw a yang sesuai untuk tiap mac am gaya. M ungkin untuk gaya yang satu ini, sec ara psikologis c oc ok untuk karakter yang dinamis dan mudah bosan. Bisa juga untuk ruang publik seperti kafe, resto, atau lobi agar tampak menarik dan tidak membosankan. C oc ok pula diterapkan bagi Anda yang senang mengoleksi berbagai mac am barang, atau sudah memiliki furnitur lama/ hibahan dari kerabat atau leluhur dan harus memadupadankannya dengan gaya modern furnitur sekarang. G aya ini menjadikan efek suasana asimetris sec ara gaya, hingga berkesan tidak teratur. O leh sebab itu diperlukan kekuatan insting dan keberanian dalam menerapkan gaya “ tabrakan” ini.

PENERAPAN YANG TEPAT

Aliran gaya eklektik bisa diterapkan untuk segala jenis ruang, namun kembali ditelaah selera dan fungsi ruang tersebut. Banyak kebebasan yang diberikan dari eklektisme, sehingga kita bisa bebas memadupadankan barang yang kita miliki dengan barang yang kita sukai/ yang ingin kita beli, meski bukan dari aliran gaya yang sama dengan barang- barang lama kita. Bagaimana memformulasikan gaya eklektik dalam suatu ruang tergantung pada sejauh mana kita mau mengaplikasikan terapan eklektik ini. F urnitur dan aksesori menjadi elemen yang memengaruhi pengaplikasiannya.

BISA DITENTUKAN PROPORSINYA

Tidak ada pakem khusus untuk penerapan eklektik. Boleh tidaknya diaplikasikan kembali kepada selera dan tujuan pengaplikasiannya. Terapan eklektik bisa ditentukan proporsinya. Apakah ingin murni gaya eklektik menyeluruh, atau hanya bermain di satu elemen. Misalnya, jika memilih hanya bermain di 1 elemen, misalnya w arna, maka bisa saja diterapkan tabrak w arna yang menarik namun tidak membuat pengguna ruangan tidak nyaman. M enggunakan tidak lebih dari 2 w arna yang berseberangan sebagai aksen, selebihnya menggunakan w arna netral yang sof t. Atau hanya mengaplikasikan eklektisme pada pola, semisal menerapkan pola lantai bergaris hitam putih atau area rug z igz ag hitam putih penuh dalam satu ruang, dipadu dengan tekstur kain sofa dengan bantal- bantal berbulu atau bermotif geometris. Full eklektik tidak disarankan apabila tidak memiliki sensitiv itas terhadap proporsi w arna dan padanan yang artistik. Karena, proporsi setiap elemen yang dimasukkan akan sangat berperan di hasil akhirnya. Eklektik merupakan gaya yang paling sulit diformulasikan. Terkesan c omot sana sini. N amun mengharuskan hasil akhir yang dapat dinikmati perpaduannya. Sebagaimana segelas jus yang dic ampur dari berbagai mac am buah, tentu memberikan sensasi sendiri- sendiri tergantung dari pilihan buah dan proporsi masingmasing buahnya. D emikian pula apabila hasil “ menc ampur” tersebut tidak sukses, tentu jus yang diminum juga tidak enak. Butuh keahlian, ketelitian, dan sensitiv itas rasa serta pengalaman untuk benarbenar menguasai gaya eklektik agar bisa berhasil dengan baik dalam penerapannya. Ada banyak selera gaya di rumah yang harus diakomodasi? Jangan takut menc oba penataan eklektik, karena sesungguhnya c ita rasa keindahan itu dimiliki oleh setiap orang dan berbeda untuk setiap orang. Anda adalah ratu dan raja di rumah Anda sendiri

Pastikan Rumah anda Terinstal Genset

Genset saat ini merupakan kebutuhan primer bagi keluarga. Dengan adanya genset aktifitas rumah anda tidak akan terganggu. Terutama bila listrik padam baik karena PLN maupun cuaca. Untuk anda yang tinggal di Medan dan bali. Kami merekomendasikan Penjual Genset Medan dan Penjual genset bali yakni PT Rajawali Indo Utama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *